Selasa, 15 Desember 2015

Discuse Quran Hadits : Ulama Pewaris Para Nabi

Menanggapi pertanyaan Saudara Ade Novita pada materi Pembahasan LPM Kajian No.10 : Pewaris Ilmu Nabi dan Peluang Ampunan Dosa  

Berikut tayangkan dari potongan hadits yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang diajukan
 Maaf , haditsnya saya potong karena panjang dan hanya bagian /tema yang merupakan inti jawaban.
Hadits tersebut terdapat dalam bab muqodimah (juz 1) Kitab Hadist Sunan Ibnu Madjah.

Lafadz hadits di atas " innal 'ulama warotsatul anbiya innal anbiya lam yuwarritsuu diinaron wa laa dirhaman innama warotsul 'ilma fa man achodzahu achodza bi khadzin wafirin"      

Sesungguhnya ulama (adalah) pewarisnya para nabi, sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dirham dan tidak (pula) dirham, sesungguhnya mewariskan (mereka) ilmu , maka barangsiapa yang mengambil ilmu maka mengambil (dia) pada bagian yang sempurnya.

Teman......, dari hadits di atas bearti ulama yang dimaksud adalah yang banyak menerima ilmu dari ulama sebelumnya. Tentu yang dimaksud ilmu di sini adlah ilmu agama (kajian quran dan Sunah/hadits), bukan ilmu keduniaan.

Dikatakan warisan bearti benda/harta yang berharga. Cara pengalihan/pemindahan warisan juga mengikuti aturan main. Seseorang memberikan warisan juga tidak kepada sembarangan orang tapi memang kepada orang yang memang berhak menerimanya. 

Implementasinya pada ilmu agama adalah bahwa dalam hal memberi dan menerima pengertian dari nilai dari ayart quran maupun hadits, Rosulullohi SAW menganjurkan untuk berguru langsung dengan cara " istima' " mendengar. Ini terdapat dalam Kitab Hadist Sunan Abu Dawud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar